Tetaplah Tersenyum

Tetaplah Tersenyum

Putri Cahyaningsih*

Kesehatan sangatlah berharga. Saya yakin semua orang setuju akan hal tersebut. Adanya virus covid-19 menjadikan kita harus lebih peduli akan kesehatan. Misalnya anjuran untuk berjemur di setiap pagi harus dilakukan. Begitu juga dengan kebiasaan mencuci tangan. Hidup bersih membuat imunitas tubuh kita meningkat. Jika tubuh sehat, anjuran berikutnya untuk #dirumahaja mudah dilakukan.

Selama penerapan #dirumahaja yang saya amati selama ini di lingkungan desa, masyarakat mengisinya dengan kegiatan yang produktif. Produktif sendiri dapat dikatakan sebagai suatu kegiatan yang menghasilkan dan memiliki target untuk dicapai. Mayoritas masyarakat yang menggunakan waktu #dirumahaja dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat, baik bagi dirinya sendiri maupun untuk orang lain. 

Penggunaan kesempatan #dirumahaja dalam jangka waktu yang tidak terbatas ini menjadikan kerekatan antar warga tambah solid. Misalnya gotong royong antar warga dalam kegiatan penyemprotan cairan disinfektan di setiap rumah. Menghabiskan waktu dengan berolahraga. Berkreasi berbagai resep makanan di rumah. Selain itu bagi para aktivis organisasi dapat menggunakan moment ini sebagai ladang pahala dan mencari pengalaman, yakni dengan cara membuka penerimaan donasi yang hasilnya akan dibagi-bagikan kepada warga yang sangat membutuhkan bantuan. 

Media massa tiada hentinya memberitakan bertambahnya korban positif covid-19. Di level masyarakat juga banyak keluhan. Di antaranya dari segi kebutuhan ekonomi masyarakat yang saat ini sedang mengalami penurunan akibat banyaknya PHK. Contoh kecilnya terjadi pada karyawan pabrik. Pada awalnya hari kerja ditetapkan selama satu pekan enam hari ataupun full tujuh hari, namun dengan adanya wabah ini karyawan pabrik hanya dianjurkan tiga hari bekerja dalam satu pekan. Dan dampak negatif lainnya.

Sisi positifnya adalah serunya quality time dengan keluarga. Bagi mahasiswa pejuang laju, mahasiswa kos ataupun perantauan, bisa memiliki waktu lebih dengan sanak keluarganya di rumah. So, mari tetap jaga kesehatan dan senantiasa menaati himbauan dari pemerintah. In the last, jangan lupa untuk selalu tersenyum meski bumi lagi bersedih yaa gaes.

*Mahasiswa BKI Angkatan 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *