#WFH ala HMPS BKI IAIN Surakarta

#WFH ala HMPS BKI IAIN Surakarta

Senin, (20/04) HMPS BKI IAIN Surakarta mengadakan acara diskusi online dengan tema: “Yuk Sehatkan Mental Kita, Agar Sehat Fisik dalam Menghadapi Covid-19“. Kegiatan ini merupakan progam kerja dari divisi Pengembangan Potensi Sumber Daya Mahasiswa (PPSDM). Acara yang berjalan sekitar sejam lebih ini berjalan sukses tanpa kendala.

Selain kalangan internal. Peserta juga dari pelbagai kampus dan sekolah menengah atas. Di antaranya UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Walisongo Semarang, IAIN Palopo, IAIN Salatiga, IAIN Pontianak, IAIN Metro Lampung, IAIN Bengkulu, UNISRI Surakarta, MA Ma’arif Hidayatullah, dan terakhir SMK MUH 3 Nogosari.

Diskusi online dibuka dengan sambutan dari Tri Purwaningsih selaku MC. Acara selanjutnya dipimpin oleh Fika Winda Hamidah selaku moderator. Pemateri kali ini oleh Ernawati, M.Si. selaku Dosen Fakultas Ushuluddin dan Dakwah serta Konselor Biro Konseling dan Psikologi Terapan (BKPT) IAIN Surakarta.

Erna, panggilan akrabnya, menyampaikan bahwa kehadiran Covid-19 membuat kesehatan mental kita terganggu dan beliau memberikan tips mengatasi cemas yang berlebihan yaitu dengan berusaha untuk berfikir positif dan berusaha tidak cemas. Pikiran harus bisa dikendalikan dengan belajar mensugesti diri kita sendiri. Ibarat pikiran itu sebagai bola kecil, akan kita gerakan ke arah mana negatif atau positif, kitalah yang menjadi pengendalinya.

Selain kekuatan pikiran, konsumsi berita juga harus dibatasi. Baik dari TV, media sosial, bisa membedakan mana yang hoax dan tidak. Untuk urusan lahiriah diutamakan juga dengan beristirahat yang cukup, menjaga rutinitas kegiatan dengan teratur, menjaga pola makan, minum, tidur, dan perbanyak amal ibadah. 

Sebelum moderator memberikan kesimpulan akhir, pemateri memberikan closing statement bahwa Covid-19 tidak menyenangkan, namun ini adalah upaya menyadarkan setiap manusia untuk bersabar dan mensyukuri setiap hal dan kondisi. Jangan cemas berlebihan dan jaga kesehatan. 

Sebelum acara diksusi online berakhir, Nunuk Rizqiani Selaku Ketua Umum HMPS BKI IAIN Surakarta, sedikit memberikan sambutan bahwa tujuan diadakan kegiatan ini dalam rangka untuk menjaga kesehatan fisik maupun mental di tengah pandemi Covid-19. Nantikan kejutan acara selanjutnya yang akan diinisiasi oleh HMPS BKI IAIN Surakarta. Always be family.

One thought on “#WFH ala HMPS BKI IAIN Surakarta”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *