Prodi BKI Mengadakan Rapat Perdana Dosen

Prodi BKI Mengadakan Rapat Perdana Dosen

Hari Rabu, tanggal 15 Juli 2020, jam 09.30 WIB, di ruang kelas UD 2.2, dilakukan pertemuan dosen-dosen Bimbingan Konseling Islam (BKI), Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Pertemuan tersebut dalam rangka menindaklanjuti beberapa kebijakan terkait program studi yakni rencana  revisi  visi misi Program Studi Bimbingan Konseling Islam, panduan skripsi dan panduan PPL/KKL. Pada pertemuan tersebut dihadiri Kaprodi Dr. Lukman Harahap., M.Pd dan Sekprodi Alfin Miftahul Khairi., M.Pd, dan para dosen Bimbingan Konseling Islam.

Visi misi Prodi BKI perlu diselaraskan dengan visi misi yang ada di fakultas, perubahan visi misi yang tertera di panduan akademik akan dilakukan pada tahun 2021. Pembahasan berikutnya mengenai panduan skripsi, PPL/KKL. Panduan skripsi, PPL/KKL akan diseleraskan dengan kebijakan fakultas dengan memperhatikan kekhasan yang dimiliki oleh masing-masing prodi yang ada di Fakultas Ushuluddin dan Dakwah dikarenakan pada masing-masing prodi memiliki karakter/kekhasan yang berbeda baik secara subtantif, konte maupun  dalam praktek pelaksanaan di lapangan. 

Pertemuan tersebut juga membahas masalah faktual tentang skripsi yang dialami oleh mahasiswa ketika mereka mencari data lapangan karena situasi pandemi covid 19. Seperti tidak diijinkan untuk mengambil data di lapangan, tidak boleh melakukan wawancara kepada subyek. Bahkan ada yang sampai mengganti lokasi penelitian. 

Beberapa gagasan yang disampaikan para dosen BKI di antaranya; 1) mahasiswa diberikan opsi penelitiannya pada kajian literatur, 2) penelitian lapangan dengan satu variable, 3) penelitian lapangan dengan lokasi terdekat dengan peneliti, 4) bagi mahasiswa yang sudah melaksanakan seminar proposal dan mengalami kesulitan pengambilan data di lapangan dapat merumuskan kembali fokus masalahnya dengan karakter yang tidak jauh berbeda dengan rancangan penelitian awal dengan melihat realitas yang ada supaya penelitiannya masih tetap bisa di lakukan.

Para dosen telah bersepakat akan lebih optimal dalam memberikan layanan bimbingan skripsi sekaligus juga bersama-sama dalam menanamkan karakter jujur kepada mahasiswa  terutama dalam bidang penulisan skripsi dengan memperhatikan kendala-kendala yang ada. Melalui pertemuan tersebut diharapkan dapat memberikan solusi kepada para mahasiswa yang mengalami hambatan atau kendala-kendala di lapangan 

One thought on “Prodi BKI Mengadakan Rapat Perdana Dosen”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *