Dosen BKI Menjadi Pemateri Bedah Buku ‘Rahayu Nir Sambikala’ LP2M IAIN Surakarta

Dosen BKI Menjadi Pemateri Bedah Buku ‘Rahayu Nir Sambikala’ LP2M IAIN Surakarta

Selasa (18/8), acara bedah buku Rahayu Nir Sambikala seri 2 dengan tema ‘Sugesti dan Aktualisasi Diri di Tengah Pandemi’ berjalan dengan lancar. Pada sesi 2 ini mengambil tema dari sudut pandang Psikologi dan Konseling. Buku bunga rampai Rahayu Nir Sambikala adalah kumpulan esai dosen IAIN Surakarta dari segala bidang tentang kondisi pandemi covid-19.

Hadir sebagai pemateri yaitu Vera Imanti., M.Psi., Psikolog, Athia Tamyizatun N., M.Pd dan Ahmad Saifuddin., M.Psi., Psikolog. Adapun moderator Alfin Miftahul Khairi., M.Pd dan Pembanding yaitu Ma’rifatin Indak Kholili., M.Pd, Dosen Bimbingan Konseling UNS Surakarta.

Mengawali diskusi, Vera memaparkan materi dengan judul bermanfaat kala pandemi. Vera Memaparkan bahwa pribadi yang bermanfaat di kala pandemi adalah ia yang dapat mengatasi kecemasan diri sendiri setelah itu membantu sesama untuk dapat lepas dari kecemasan yang muncul akibat dampak pandemi. 

Selanjutnya diskusi diisi oleh Athia yang mengangkat judul adaptasi di tengah pandemi. Dengan melakukan adaptasi harapannya manusia dapat menghindari resiko-resiko psikologis yang muncul akibat pandemi. Di akhir pembicaraan, athia mencoba mengajak audien mengambil pelajaran bahwa pandemi telah menyadarkan manusia dengan kemampuan serta akal pikiran dibuat kelabakan menghadapi makhluk kecil yang tak punya tangan dan kaki serta hidupnya menumpang. 

Pemateri terakhir, Ahmad Saifuddin, membawakan materi berjudul teori psikologi dalam pusaran pandemi. Ia memaparkan beberapa teori psikologi seperti teori Alfred Adler, teori stress, teori coping, heuristics, Erich Fromm, Abraham Maslow, dan teori positive thinkingyang dianalisis untuk dicari kesesuainnya dengan fenomena covid-19.

Diskusi diakhiri dengan memberikan tanggapan terkait buku Rahayu Nir Sambikala. Buku direview ke dalam empat tema yaitu pemilihan judul, apresiasi, konsep, dan tinjauan dari sudut pandang psikologi. Ma’rifatin sebagi penanggap memberikan apresiasi kepada keluarga besar IAIN Surakarta (LP2M dan penulis) di mana selama ini pada umumnya dosen-dosen menulis artikel dan melakukan penelitian namun keluarga besar IAIN Surakarta punya inisiatif untuk menerbitkan buku yang dapat dinikmati oleh pelbagai kalangan karena menggunakan bahasa yang ringan.

Acara yang berlangsung daring hampir dua jam berhasil menyedot peserta 4.200 orang di channel YouTube LP2M IAIN Surakarta. Pada diskusi bedah buku kali ini, peserta sangat aktif mengikuti. Tercatat ada ratusan peserta yang berasal dari luar IAIN Surakarta.

Adapun dosen BKI yang terlibat yaitu Vera Imanti., M.Psi Psikolog dan  Athia Tamyizatun Nisa., M.Pd sebagai pemateri. Ini membuktikan bahwa dosen BKI turut serta menyemarakkan dunia literasi khususnya di lingkungan IAIN Surakarta. Agar mahasiswa termotivasi juga untuk menulis dan berkarya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *