Seminar Bersama Anak-anak Difabel Oleh Mahasiswa PPL BKI

Seminar Bersama Anak-anak Difabel Oleh Mahasiswa PPL BKI

Mahasiswa PPL Bimbingan dan Konseling Islam bekerjasama dengan Yayasan Pembinaan Anak Cacat Surakarta menyelenggarakan acara Seminar Konseling pada Sabtu (5/9). Acara ini sendiri dihadiri oleh 30 peserta. Di antaranya adalah Nur Muhlashin, S.Psi. MA selaku dosen pembimbing PPL, Wiwik Haryanti selaku Kepala Sekolah SLB-D D1 YPAC Surakarta, Siti Qoiriyah Qodari selaku ibu pengasuh dan asrama YPAC Surakarta.

Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB, menghadirkan pemateri Ida Lestari, S.Sos yang merupakan alumni mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Surakarta. Menurut Astin Nur M, selaku ketua pelaksana, acara ini diadakan sebagai sarana adik-adik untuk mendapatkan informasi mengenai penerimaan dan mencintai diri serta rasa syukur yg ditanamkan pada hati. Diharapkan agar menjadi manusia yang selalu positive thinking dan menjadikan kekurangan menjadi kelebihan yang harus dikembangakan.

Seminar Konseling dengan tema “Lebih Mencintai Diri Sendiri dengan Mengurangi Insecure’ ini diawali dengan pemaparan materi tentang apa itu insecure, tentang konsep hidup di mana menurut Ida, bahwasanya hidup bukan hanya sebatas sekolah, harus belajar setiap harinya. Tak lupa Ida memotivasi peserta untuk menjadi diri sendiri dan jangan takut akan masa depan. 

Selain materi, acara juga dikemas dengan treatment on the spot oleh pemateri yang dilanjut dengan permainan game untuk peserta. Di akhir acara, pemateri memberikan sebuah persembahan berupa video kata-kata motivasi yang juga berisi foto-foto anak-anak YPAC, kemudia seluruh mahasiwa PPL dipersilahkan ke depan untuk saling berpegang tangan, merangkul dan memberikan semangat kepada adik-adik secara bergantian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *