Ujian Seminar Proposal Skripsi Mahasiswa Difabel BKI

Ujian Seminar Proposal Skripsi Mahasiswa Difabel BKI

Pada hari Kamis (27/8), Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam melaksanakan sidang proposal skripsi secara offline. Bukan sidang biasa karena ini spesial. Adalah Fajar Wahyu Nugroho, mahasiswa difabel BKI semester IX yang mempresentasikan proposal skripsinya yang berjudul ‘Bimbingan Karir dalam Pengembangan Diri Disabilitas Netra di Yayasan Senyum Kita Foundation’.

Tim penguji seminar proposal terdiri dari ketua sidang Dr. Lukman Harahap., M.Pd, penguji utama Ernawati., M.Si, dan penguji kedua Alfin Miftahul Khairi., M.Pd. Ujian yang berlangsung selama kurang lebih satu jam berjalan lancar dan tanpa halangan. Audien yang hadir hanya empat orang. Mengingat pentingnya protokoler kesehatan meskipun ujian offline.

Ketika ujian dimulai, Fajar dengan percaya diri berdiri seketika untuk memaparkan materi proposal skripsinya. Ia hafal di luar kepala dan tanpa cela ketika menjawab pertanyaan dari tim penguji. Akhirnya proposal skripsi yang diajukan lulus untuk tahap penelitian selanjutnya.

Fajar, begitu panggilan akrabnya, bukanlah mahasiswa biasa. Dia tercatat sebagai atlet National Paralympic Committee (NPC) Jawa Tengah. Pelbagai prestasi baik lokal dan nasional pernah diukir atas namanya. Di antaranya Juara 1 Trofeo Goalball HDI 2017, Juara 1 Goal Ball Tunanetra tingkat Jawa Tengah dan DIY tahun 2017 dan Juara 1 Singles Tunet pada Peparprov III Jawa Tengah 2018.

Prestasi akademik pun tidak kalah dengan prestasi akademiknya. Semenjak semester 1 hingga sekarang prestasi indeks kumulatif selalu berada di atas 3.5. Semangat untuk kuliah mengalahkan mahasiswa lainnya. Ia bisa menjadi role model yang baik bagi mahasiswa secara umum dan mahasiswa difabel secara khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *