Mahasiswa PPL BKI Menyelenggarakan SEMINAR SELF-MOTIVATION DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI AISYIYAH GROGOL SUKOHARJO

Mahasiswa PPL BKI Menyelenggarakan SEMINAR SELF-MOTIVATION DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI AISYIYAH GROGOL SUKOHARJO

Pada hari Rabu (9/9), mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Bimbingan dan Konseling Islam IAIN Surakarta bekerja sama dengan Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Grogol Sukohajo menyelenggarakan acara Seminar Self-Motivation dengan tema “Membangun dan Mewujudkan Rasa Syukur Untuk Kualitas Hidup Yang Lebih Baik”. Acara ini adalah bagian dari kegiatan PPL yang sudah dirancang oleh kelompok PPL sekaligus penutupan kegiatan PPL.

Acara ini menghadirkan 29 orang anak-anak panti asuhan dan tiga orang tamu undangan khusus, di antaranya adalah Triyono, S.Sos.I., M.Si. selaku dosen pembimbing lapangan, Siti Parini selaku Kepala Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Grogol, Sukoharjo dan Ibu pengasuh anak-anak panti asuhan yaitu Aminah Ngadiyono.  

Acara dimulai pada pukul 13.00 WIB, yang menghadirkan narasumber yaitu Reynal Falah, S.Psi, alumni Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta, beliau juga pernah berkecimpung di dalam dunia ke-BK-an dengan menjadi guru BK di SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta selama 6 tahun. 

Seminar ini dilaksanakan dalam bentuk 2 sesi, untuk sesi pertama pemateri memberikan pengertian syukur dan bagaimana menghidupi rasa syukur dalam diri dengan menjelaskan langsung dan menggunakan beberapa video bertemakan syukur dan motivasi yang ditampilkan melalui LCD Proyektor. 

Sesi kedua pemateri memberikan treatment dengan mengajak anak-anak untuk hipnoterapi sekaligus ESQ (Emotional Spirtual Quostient). Pada sesi kedua inilah pemateri memberikan tindakan konseling secara berkelompok kepada anak-anak panti asuhan serta pendamping Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah Grogol Sukoharjo. 

Acara ini dilaksanakan sebagai sarana anak-anak panti asuhan untuk mendapatkan edukasi dan informasi mengenai bagaimana membangun dan mewujudkan nikmat yang diberikan dari sang pencipta kepada hamba yang mereka tanamkan pada keseharian yaitu berupa rasa syukur untuk menggapai kehidupan yang lebih baik.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini anak-anak panti asuhan mampu menjadi manusia yang selalu berpikiran positif dan mampu memiliki motivasi hidup yang lebih terarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *