Program PPL Mandiri di Desa Tanjung Magetan

Program PPL Mandiri di Desa Tanjung Magetan

Program PPL BKI 2020, dilaksanakan selain di lembaga/LSM seperti tahun-tahun sebelumnya, di tahun pandemi ini ada kebijakan untuk melaksanakan PPL Mandiri di daerah asal mahasiswa itu sendiri. Salah satu mahasiswa BKI yang melaksanakannya adalah Septian Nurul Istiqomah, di Desa Tanjung, Kecamatan Bendo, Kabupaten Magetan. 

Pada praktiknya, hari Sabtu (29/8), Nurul mengadakan kegiatan seminar luring (luar jaringan) di aula Balai Desa Tanjung. Dihadiri oleh bapak RT. 05 selaku guru pamong serta 14 mahasiwa yang berasal dari desa Tanjung sendiri. 

Tujuan diadakannya seminar ini adalah untuk mengurangi kejenuhan mahasiswa akibat kuliah daring serta agar mahasiswa saling mengenal antar satu dengan yang lain di desa Tanjung. Meski seminar ini dilakukan secara tatap muka serta mengingat Magetan masih berstatus zona merah, Nurul tidak lupa untuk meminta izin dengan pihak terkait, dengan syarat tetap mematuhi protokol kesehatan.

Acara dimulai pada pukul 09.20 WIB, dengan tema “Memanfaatkan Masa Pandemi Untuk Berkreasi”. Ada dua orang narasumber yaitu Wachid Himawan Saputra, membahas tentang content creator, dan Asmawi Anwar, dengan topik manajemen sosial media. Keduanya merupakan ahli dalam bidang tersebut, tak heran jika acara menjadi semakin menarik.

Materi dari seminar seputar bagaimana mencari cuan dengan mudah hanya dengan menggunakan Smart Phone. Perlunya kesadaran diri untuk berkreasi sesuai dengan hobby adalah hal terpenting. Di mana mempermudah untuk mendapatkan pundi uang tanpa menggunakan otot. Selain itu kedua narasumber juga memberikan tips dan trik untuk pemula agar mudah berkreasi dan berinovasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *