Seminar Nasional HMPS BKI IAIN Surakarta 2020

Seminar Nasional HMPS BKI IAIN Surakarta 2020

Kamis, (10/9), Himpunan Mahasiswa Progam Studi Bimbingan dan Konseling Islam (HMPS BKI) telah melaksanakan Seminar Nasional dengan tema “Keterampilan Konseling Berwawasan Lokal” yang merupakan salah satu Progam Kerja Departemen PPSDM. Kegiatan ini via zoom dan YouTube,.

Acara Seminar Nasional diawali dengan sambutan oleh Rahmaditta Kurniawati, S.Sos. selaku moderator. Acara pertama pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Ina Luviana. Acara yang kedua sambutan dari Nunuk Rizqiani selaku Ketua Umum HMPS BKI. Acara yang ketiga sambutan dari Bapak Dr. Lukman Harahap, S.Ag., M.Pd. Selaku Ketua Progam Studi Bimbingan dan Konseling Islam. 

Acara inti yaitu penyajian materi oleh pemateri pertama Ibu Dr. Casmini, S.Ag, M.Si. Beliau  menjelaskan tentang konseling berbasis budaya lokal yang utama harus mempunyai kepribadian sehat ala orang jawa. Yang disebut dengan kecerdasan emosi adalah ketika seseorang itu dapat mengelola rasa (toto roso), kedua toto rogo, dan yang ketiga adalah toto boso. Makna dari ketiganya adalag orang berkecerdasan emosi dalam perspektif orang Jawa itu adalah orang yang mampu mengelola rasanya, raganya dan mengelola tata tutur katanya. 

Pemateri berikutnya adalah Alfin Mitahul Khairi, S.Sos.I,  M.Pd. Beliau menyampaikan pentingnya segetiga wayang gunungan sesuai dengan filsafat orang jawa perlu dikembangkan lagi sebagai landasan keilmuan bimbingan dan konseling Islam. Adanya korelasi antara Tuhan, ruh dan tujuan hidup harus selalu beriringan agar tidak timpang. Begitu juga ketika membantu orang lain yang kesusahan. Bantuan yang diberikan harus berdasarkan nilai-nilai islami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *